H. Rumfot: Tingkatkan Disiplin dan Efektivitas Pengelolaan Anggaran



 

Dobo, (Inmas)- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Aru, Drs. H. Ismail Rumfot didampingi Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, Idham Halik Rumaf, S. Ag. Pada Selasa, (12/1)  di ruang kerjanya menggelar rapat terbatas dengan para kepala KUA Kecamatan se-Kabupaten Kepulauan Aru dan bendahara pengelola KUA.

Rapat dimaksud terkait dengan evaluasi menyeluruh terhadap kinerja kepala KUA tahun 2020 yang meliputi disiplin dalam pelaksanaan tugas , efektivitas pengelolaan anggaran dan penyusunan dokumen pelaporan yang diharapkan di tahun 2021 ini ada perbaikan dan peningkatan terutama pengelolaan anggaran secara profesional, transparan dan akuntabel/dapat dipertanggungjawaban. 

Dalam arahannya Kepala Kankemenag Kabupaten Kepulauan Aru, Drs. H. Ismail Rumfot mengharapkan pengelolaan anggaran operasional KUA di tahun 2021 harus lebih baik dari tahun 2020 yaitu harus sesuai dengan juknis serta pengelolaan anggarannya secara transparan dan akuntabel sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku agar dapat dipertanggungjawabkan.Selain itu dokumen laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran harus segera diselesaikan tepat waktu, yaitu setelah selesai menggunakan anggaran tersebut hal ini untuk mempercepat proses pencairan anggaran bulan berikutnya agar mempercepat penyerapan anggaran. 

H. Rumfot menambahkan terkait dengan disiplin kehadiran Kepala KUA di tempat tugas, menjadi perhatian karena masih ada kepala KUA yang sering meninggalkan tempat tugas tanpa keterangan yang jelas, sehingga berdampak pada kurangnya  pelayanan kepada masyarakat. Memang tidak dipungkiri bahwa letak KUA Kecamatan  berada di daerah-daerah terpencil yang hanya bisa dijangkau dengan kendaraan laut yang bergantung pada keadaan cuaca yang sering berubah-ubah, dan tidak didukung dengan sarana transportasi yang memadai sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi kepala KUA dalam melaksanakan tugasnya. 

Untuk itu, H. Rumfot meminta pengertian kepala KUA dalam menyikapi  hal dimaksud, agar pembinaan dan pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan dengan lancar yaitu dengan memberdayakan penyuluh non PNS yang bertugas di kecamatan-kecamatan sehingga tupoksi KUA Kecamatan tetap berjalan.(ria) 


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online