Gedung Kemenag Maluku akan Direhab


Sekjen Kemenag RI H. M. Nur Kholis Setiawan

Ambon Inmas - Gedung Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku direncakan akan di rehab setelah sedikit mengalami keretakan akibat  gempa berkekuatan 6,5 SR mengguncang wilayah Kota Ambon dan sekitarnya tanggal 26 September lalu.

Hal ini disampaikan oleh Sekjen Kemenag RI Prof. Dr. Phil. H. M. Nur Kholis Setiawan, MA kepada wartawan usai kegiatan silaturahim Kemenag Maluku (Korban Gempa) bersama Sekjen di Balai Diklat Keagamaan (BDK) Ambon, Jumat (4/10).

Menurut Sekjen, Gedung Kanwil Kemenag Maluku akan direhab, setelah pihak Litbang PUPR mengeluarkan hasil kajian bahwa struktur bangunan masih kuat dan utuh. Hanya ada beberapa bangunan yang mengalami keretakan akibat gempa.

"Jadi sesuai laporan Litbang PUPR, struktur bangunan masih kuat dan utuh, hanya ada beberapa keretakan-keretakan bangunan akibat gempa, sehingga sebetulnya membutuhkan rehab. Kita tentu sangat harapkan hasil kajian bisa sesuai dengan kondisi bagunan sesuai dengan spesifikasi ilmu dari Litbang PUPR," jelas Sekjen

Olehnya itu lanjut Sekjen, dana rehabilitas gedung Kanwil Kemenag Maluku akan segera di bicarakan di Biro Perencanaan Kemenag RI, agar bisa diakomodir melalui DIPA tahun 2020, sehingga proses rehabilitasi bisa di percepat, karena berkebutuhan bagi penyelenggara institusi dan masyarakat.

"Nanti akan kita usulkan di Biro Perencanaan, karena saat ini masih dalam pembahasan untuk anggaran 2020, dan walaupun sudah di ketok, nanti kita masih bisa negosiasi lah dengan mitra, sehingga bangunan yang rusak baik seperti Kanwil Kemenag Maluku, IAIN dan IAKN juga akan direhab," ujar Sekjen.

Sebelumnya, Gedung Kemenag Maluku mengalami keretakan saat gempa berkekuatan 6,5 SR mengguncang wilayah Kota Ambon dan sekitarnya sekitar pukul 08.46 WIT, Kamis (26/9).

Gempa tersebut membuat masyarakat panik dan trauma tak terkecuali ASN Kemenag Maluku sehingga tidak bisa melakukan aktifitas di Gedung Kanwil Kemenag Maluku yang berlokasi di Jl. Jendral Sudirman Tantui. Aktifitas ASN Kemenag Maluku akhirnya berpindah ke Asrama Haji Waiheru untuk sementara waktu sesuai arahan pejabat Kemenag Maluku sejak Senin (30/9) lalu. (RESI)


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online