Dilantik Kakanwil, Pertama Kali Srikandi Jabat Kepala Kemenag Kabupaten Di Maluku


Farida Laisouw (bagian tengah depan) bersama Kakanwil Kemenag Maluku, para pejabat esalon III dan IV beserta jajaran anggota DWP Kemenag Maluku usai proses pelantikan di Aula Kemenag Kota Ambon, Rabu (6/3).

Ambon, Inmas - Untuk pertama kalinya dalam sejarah perputaran birokasi pemerintahan di tubuh Kementerian Agama (Kemenag) wilayah Provinsi Maluku, satu-satunya srikandi menjabat sebagai Kepala Kantor Kemenag Kabupaten.

 

Adalah Farida Laisouw dari Kepala Bidang  (Kabid) Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) Kanwil Kemenag Maluku yang dilantik menjadi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Buru Provinsi Maluku.

 

Laisouw dilantik bersamaan dengan pejabat esalon III/IV lainnya oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Maluku di Aula Kemenag Kota Ambon, Rabu (6/3).

 

"Saya berterima kasih atas jabatan baru ini. Semoga saya mampu menjalankan amanah sebaik mungkin. Apalagi baru pertama kali seorang wanita seperti saya dipercayakan menduduki jabatan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Buru untuk daerah Maluku," ucap Laisouw penuh haru usai pelaksanaan pelantikan.

 

Bersamaan dengan Laisouw, dilantik juga pejabat administrator esalon III dan pengawas esalon IV lainnya. Hanafi Rumatiga yang sebelumnya menjabat Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Maluku diangkat menjadi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Maluku Tengah, Japri Kabalmay sebelumnya dari Kepala Kantor Kemenag Maluku Tengah menjadi Kepala Kantor Kemenag Kab. SBT, Zain Firdaus Kaisupy dari Kepala Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Maluku menjadi Kepala Kantor Kemenag Kota Ambon, Taslim Tuasikal dari Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Buru dirotasi menjadi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten SBB. La Fatah dari Kepala Kantor Kemenag Kab. SBB menjadi Kepala Bidang Pakis Kanwil Kemenag Maluku, Yasir Rumadaul dari Kepala Kantor Kemenag SBT menjadi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Maluku, dan Rusdy Latuconsina dari Kepala Kantor Kemenag Kota Ambon menjadi Kepala Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Maluku.

 

Sementara untuk jabatan pengawas esalon IV, proses pergantian serta pengangkatan terjadi di tubuh Bidang Bimbingan Masyarakat Kristen dan Bidang Pendidikan Madrasah (Penmad) Kanwil Kemenag Provinsi Maluku diantaranya, Mariyanto A. Waestplat yang dipindahkan dari Kepala Seksi Penyuluhan/Budaya Keagamaan ke Seksi Pendidikan Agama Kristen Tingkat Menengah,  dan Murtado dilantik sekaligus diangkat dari jabatan fungsional menjadi Kepala Seksi Kurikulum Bidang Penmad.

 

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Maluku, Fesal Musaad dalam sambutannya usai melantik sejumlah pejabat tersebut mengatakan, pergantian sekaligus pelantikan terhadap sejumlah pejabat merupakan proses penyegaran terhadap lingkup birokrasi pemerintahan. Tak ada tendensi apapun yang menyertai rotasi jabatan pada masing-masing bidang dan Kantor Kemenag Kabupaten/Kota.

 

Tidak hanya sekedar jabatan Kabid maupun Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota, Kakanwil mengakui sewaktu-waktu dirinya bakal meninggalkan jabatan lama menuju tugas dan amanah baru yang diembankan kepadanya.

 

 

Rotasi atau mutasi yang terjadi menurutnya adalah hal biasa bagi ASN. Terpenting adalah bagaimana memberikan kontribusi dan sumbangsih dalam mewujudkan inovasi di posisi yang baru.

 

"Lakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Lakukan inovasi dan kreasi, sebagai ikhtiar agar institusi di mana kita bekerja mampu memberikan nilai kemanfaatan lebih banyak bagi masyarakat. Jadilah kepala bidang perubahan, jadilah kepala kantor kemenag perubahan, dan jadilah kepala seksi perubahan," pesan Kakanwil.

 

Diharapkan, para pejabat dapat berkhidmat sebaik-baiknya sehingga dapat menuai makna dan memperoleh hikmah yang sesungguhnya. "Terimalah ini sebagai sebuah proses. Yakini bahwa apa yang terjadi dan kita alami hari ini adalah takdir atau ketetapan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Jika Allah saja percaya, maka tidak ada alasan bagi saya untuk tidak mempercayai kemampuan saudara-saudara dalam mengemban tugas dan amanah ini," imbuhnya.

 

Selain kepada pejabat baru, Kakanwil juga mengajak jajarannya terus bekerja semi kepentingan lembaga, bukan untuk diri sendiri sekaligus melanjutkan dan menyelesaikan program-program kerja di tahun 2019 ini.

 

"Banyak pekerjaan menanti kita, tugas besar yang harus kita selesaikan untuk lembaga kita," tandas Kakanwil.

 

Hadir pada pelantikan tersebut, Kabag TU Kanwil Kemenag Maluku, Jamaludin Bugis, para Kabid, Pembimas, Kasubbag, Kepala Seksi dan ASN Kanwil Kemenag Maluku dan Kota Ambon. (ZAM)


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online