Dialog Kerukunan Umat Beragama Kota Tual


Dialog Kerukunan Umat Beragama Kota Tual

Inmas, Tual  - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, melalui Subbag Forum Kerukunan Umat Beragama menggelar kegiatan Dialog Kerukunan Umat Beragama di Kota Tual. Kegiatan yang dihadiri para pemuka agama, tokoh masyarakat dan pimpinan organisasi keagamaan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, H. Jamaludin Bugis, S.Ag di Gedung  Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PTSP) Kota Tual, Kamis, (18/03).  

Dalam sambutannya Ka. Kanwil mengatakan Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku, dan seluruh Kankemenag di tingkat  Kota Kota Kabupaten, memberikan perhatian besar pada program moderasi beragama  yang menjadi salah satu fokus perhatian pemerintah pusat pada bidang keagamaan. " Moderasi hadir  untuk menjaga dan melahirkan harmonisasi antara seluruh elemen umat beragama, Moderasi beragama adalah cara pandang untuk menghindari masyarakat berpikir ektrim atas ajaran agama," ujar Kakanwil.

Menurutnya, tokoh agama di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara memiliki pengaruh besar  menjaga dan menciptakan harmonisasi kerukunan umat beragama. Wilayah ini pada tahun 2018 lalu ditetapkan pada peringkat pertama sebagai kota yang paling Harmonis di Indonesia. Torehan prestasi ini tentu tidak terlepas peran seluruh elemen umat beragama dengan pemerintah daerah. " Ini prestasi yang baik, kedepan  Kota ini harus menjadi icon kerukunan umat beragama bukan cuma di Indonesia tapi  didunia," Harap Kakanwil.

Ditempat yang sama Plt. Kasubag Tata Usaha Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, H.M. Yasir Rumadaul mengatakan, tema besar dari rangkaian kegiatan dialog kerukunan umat yang bergulir secara bertahap di Maluku terkhususnya di Kota Tual  adalah Umat Rukun Indoinesia Maju, teklain menjadi dasar untuk mendrong kemajuan  pembangunan di Daerah. Kegiatan ini diikuti sebanyak 40 peserta yang berasal dari tokoh lintas agama di Kota Tual, dengan menghadirkan narasumber para pimpinan organisasi kegamaan   " Ini menjadi tugas Kementerian Agama untuk hadir menyapa masyarakat melalui berbagai program dialog antar umat beragama, karena kerukunan umat adalah bagian penting mendorong kemajuan pembangunan untuk kepentingan masyarakat di Kota Tual," Kata Rumadaul. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ka Kankemenag Kota Tual, Hanafi Kasim S.Ag, Kasubbag FKUB Kanwil Kemenag Provinsi Maluku,  Nadhira Putuhena,S.Sos. Kasubbag Umum dan Humas Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Abd. Karim Rahantan, S.Ag, Kepala Seksi Kurikulum Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Dra. Sirajudin Mahubessy, M.Pd dan seluruh unsur kepala seksi Kankemenag Kota Tual (ASA)

 


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online