Covid-19, Pengawas Madrsash Tetap Pantau Aktifitas Guru- Guru Madrasah


Pengawas Madsrasah Kantor Kementerian Agama Kota Ambon, Rinah,S.Pd melaksanakan tugas rutinnya dengan melakukan pemantauan dan pemeriksaan kelengkapan perangkat guru dalam proses pembelajaran di MTs Al Fatah Ambon,Selasa 24/11/2020

Ambon  Inmas, - Pengawas  Madsrasah Kantor Kementerian Agama Kota Ambon, Rinah,S.Pd melaksanakan tugas rutinnya dengan melakukan pemantauan dan pemeriksaan kelengkapan perangkat guru dalam proses pembelajaran  di MTs  Al Fatah Ambon,Selasa 24/11/2020.

Bagaimana merancang pembelajaran jarak jauh yang memerdekakan? Pandangan pengajaran sebagai interaksi antar pelaku pembelajaran akan ditawarkan dalam membangun sistem pembelajaran jarak jauh.

Akibat pandemi COVID-19, banyak sekolah dan perguruan tinggi ditutup, juga telah siap siaga menghadapi COVID-19 dengan menutup sekolah-sekolah di daerah tersebut. 

mengatakan merebaknya virus corona di Indonesia membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk menghentikan waktu belajar dan merumahkan semua siswa untuk belajar jarak jauh. 

Menurut Rinah,S.Pd  dalam kondisi seperti ini (virus corona,red) pembelajaran jarak jauh dapat menjadi solusi yang tepat agar siswa dapat tetap belajar.

“Penghentian sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah tidak lantas membuat proses belajar siswa terhenti namun siswa dapat tetap belajar dirumah secara mandiri melalui tugas-tugas yang diberikan oleh guru, ini solusi yang tepat agar anak-anak tetap mengikuti perkembangan, “ terang Rinah. 

Lebih lanjut Rinah,S.Pd mengatakan untuk memastikan kegiatan belajar siswa tetap berjalan dirumah pasca virus corona, dirinya selaku pengawas pendidikan selalu memantau aktifitas guru yang berada dalam binaannya, baik menggunakan teknologi maupun manual.

“Pemantauan kami terhadap aktifitas guru binaan memakai dua methode, pertama menggunakan jaringan online yaitu mengirim keperluan pemantauan dengan geogle form. Dalam geogle form berisi beberapa pertanyaan yang jawabannya sudah ada tinggal dipilih oleh guru sesuai keadaannya. Kedua kami juga mengirim melalui WA format-format kerja yang harus diselesaikan dan dilaporkan setiap pekan untuk dikoreksi dan ditandatangani, dalam format yang saya berikan terkait juga kinerja para guru, “ ungkapnya. 

Selain pemantauan kinerja secara online, melakukan pemantauan secara manual yaitu melakukan kunjungan kepada guru dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan dari pemerintah seperti sosial distancing dan physical distancing.

“Sekali-sekali saya juga melakukan pemantauan secara langsung ke rumah guru-guru binaan untuk melihat secara langsung kegiatan mereka tentunya dengan tetap menjaga jarak fisik, “ tutur Rinah.

Dirinya menghimbau kepada semua guru Madrasah  dilingkungan Mts Al Fatah untuk tetap bekerja maksimal ditengah wabah virus corona atau Corona Virus Disease (Covid-19) walaupun dengan jarak jauh, dan selalu memberikan semangat kepada anak didik untuk tetap enjoy dalam belajar.***(J/L).


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online