Bupati Kepulauan Aru Melepas 45 Jamaah Calon Haji


Pelepasan Jamaah Calon Haji oleh Bupati Kepulauan Aru, dr. Johan Gonga


Dobo, Inmas- Setelah melalui proses yang panjang akhirnya tibalah saat yang dinanti oleh Jamaah Calon Haji di Kepulauan Aru untuk menunaikan ibadah haji ke Baitullah Makkah Almukaramah. Pada Kamis pagi, (03/08) di gedung Kesenian Sita Kena, Dobo dilangsungkan upacara Pelepasan Jamaah Calon Haji secara resmi oleh Bupati Kepulauan Aru, dr. Johan Gonga.
Kepala Kantor Kementerian Agama Kepulauan Aru, Drs. H. Ismail Rumfot dalam laporannya selaku Kepala Staf Penyelenggara Haji mengatakan bahwa Jamaah Calon Haji Kepulauan Aru yang terdaftar keseluruhan berjumlah 385  Jamaah  Calon Haji, yang ada dalam daftar tunggu (waiting list) berjumlah 340 karena yang akan berangkat sebanyak 45 orang, terdiri dari 22 laki-laki dan 23 perempuan yang termuda berumur 23 tahun, yang tertua berumur 88 tahun. Mereka sudah dibekali dengan pengetahuan tentang Manasik Haji berupa teori maupun praktek, sebanyak 8 kali di tingkat kecamatan dan 2 kali di tingkat kabupaten yang dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kepulauan Aru dan sudah diperiksa kesehatannya di Puskesmas dan RSUD setempat. Walaupun ada yang mempunyai penyakit bawaan namun semuanya dinyatakan sehat untuk bisa meleksanakan ibadah haji. Dan akan berangkat dari dobo tanggal 5 agustus 2017 menuju embarkasi Makassar, tanggal 7 Agustus 2017 dari Makassar ke Madinah dan Insya Allah akan tiba kembali di tanah air tanggal 17 September 2017.
Pada kesempatan ini atas nama Jamaah Calon Haji dan Kepala Kantor Kemenag Kepulauan Aru selaku Kepala Staf Penyelenggara Haji menyampaikan terima kasih kepada Pemda dan DPRD Kepulauan Aru atas atensi dan dukungan terhadap penyelenggaraan ibadah haji di bumi Jargaria Mutiara Indah Cendrawasih Lestari dengan memberikan pelayanan maksimal dengan menganggarkan anggaran yang sangat siknifikan untuk BPIH Jamaah Calon Haji Kepulauan Aru di luar yang disetor ke Siskohat.
“Saya harap kepada Bapak/Ibu Jamaah Calon Haji untuk menjaga kesucian ibadahnya dengan tidak melakukan rafas, tidak berbuat fasik dan tidak berbantah-bantahan karena semua rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam proses ibadah haji merupakan ibadah serta harus menunjukan sikap dan perilaku yang baik antara sesama teman, regu, rombongan dan kloter maupun dengan calon jamaah haji dari provinsi dan negara lain” katanya.
Dalam kesempatan yang sama Bupati Kepulauan Aru, dr. Johan Gonga dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan adanya tambahan kuota dari 21 menjadi 45 maka otomatis anggaran yang sudah disiapkan oleh Pemda harus ditambah karena ada penambahan kuota tersebut, dengan demikian beliau berharap kepada DPRD Kepulauan Aru untuk dapat memasukan kekurangan anggaran ini dalam anggaran perubahan Pemda dan menyetujuinya.
Kepada para Jamaah Calon Haji beliau berpesan “Bapak/Ibu Jamaah Calon Haji mulai saat ini sudah harus menjaga kesehatan mulai dari keberangkatan sampai ke makkah dan kembali karena perbedaan cuaca dan banyak mengkonsumsi air putih, menjaga pola makan dan selalu berkonsultasi dengan petugas medis untuk mengecek kesehatan”
Atas nama Pemerintah Daerah beliau juga sangat berterima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kepala Kantor Kemenag Kepulauan Aru dan seluruh jajarannya dan semua pemangku kepentingan di bidang keagamaan beserta panitia penyelenggara yang telah ikhlas melaksanakan tugas pengabdian guna kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji Kabupaten Kepulauan Aru Tahun 2017.
“Selamat menunaikan ibadah haji Bapak/Ibu Jamaah Calon Haji, semoga kembali dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur dan mabruroh” katanya mengakhiri sambutannya.
Hadir dalam acara ini, Ketua dan anggota DPRD, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Pimpinan Kesatuan TNI/Polri, Sekda, Pimpinan Lembaga Vertikal/BUMN/BUMD, Pimpinan FKUB, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Ketua MUI, Pimpinan Organisasi Perempuan, Anggota Ikatan Persaudaraan Haji dan undangan lainnya.(ria)

 


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
SIPATUH
Simpatika Kemenag