Bimas Kristen Lakukan Konsultasi Penyuluh Agama Kristen Non PNS



Piru (Inmas) Seksi Bimbingan Masyarakat Kristen (Bimas Kristen) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Seram Bagian Barat (Kakankemenag SBB) melakukan konsultasi kinerja dengan 42 penyuluh Non PNS Agama Kristen yang berlangsung di Aula Kantor, Kamis (14/3). 

 

 

Pelaksana Harian Kepala Seksi Bimas Kristen, Susana Wakay didampingi dua penyuluh PNS dan dihadapan para penyuluh Non PNS  mengingatkan untuk memaksimalkan kegiatan penyuluhan sesuai dengan lokasi dan jadwal yang telah ditetapkan dan sepekati bersama seperti di Gereja, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan rumah sakit.

 

 

“Mari tingkatkan terus pelayanan kepada warga binaan baik di gereja, Lapas maupun di rumah sakit agar warga binaan dapat terlayani dengan maksimal, sehingga warga binaan dapat merasakan manfaat dari program kerja kepenyeluhan Kementerian Agama,”pinta Susana.  

 

Dikatakan Susana, para penyuluh Non PNS merupakan manusia terpilih yang terpanggil untuk mengabdi pada Kementerian Agama, olehnya itu jangan disia-siakan pekerjaan mulia ini, jangan disia-siakan penantian warga binaan  dan jangan membiarkan kekosongan terjadi pada lokasi binaan “Bapak/Ibu Penyuluh, harus pandai membagi waktu dalam urusan pribadi dan pandai dalam bertugas menyuluh,” tegas Susana.

 

 

Ia juga menegaskan, sering ditemukan sejumlah penyuluh Non PNS tidak intensif dalam melakukan penyuluhan di lokasi binaan. Olehnya itu, ingat Susana, kepada menjadi perhatian Bimas Kristen untuk akan dilakukan pembinaan demi menuju perbaikan dan perubahan yang lebih baik. 

 

 

Selain itu, Susana juga menyinggung soal kewajiban para penyuluh untuk segera membuat dan memasukan laporan setiap bulan. “Dalam laporan kinerja bulanan aktifitas kegiatan penyuluhan harus detail dan jelas baik dalam lokasi penyuluhan, jumlah warga binaan, waktu penyuluhan dan yang terpenting dokumentasi aktifitas penyuluhan berupa foto,” pesan Susana.

 

 

Sementara terkait hak atau upah para penyuluh, lanjut susana, akan tetap terbayarkan, namun saat ini proses revisi masih sementara berlangsung dan sekaligus menunggu penerbitan SK yang menjadi dasar dilakukan pembayaran. “Olehnya diminta untuk selalu bersabar, proses ini melalui beberapa tahapan prosedur yang harus ditaati. Kami memahami hal itu akan berpengaruh pada proses penyuluhan, namun diharapkan para penyuluh tetap semangat dan bersabar,” harap Susana.

 

 

Dalam kesempatan itu juga, Susana menganjurkan kepada para penyuluh menjadi contoh dan panutan untuk warga binaan, Jangan sebaliknya, melanggar atas apa yang dianjurkan kepada warga binaan.  

 

 

”saya berharap para penyuluh mengetahui apa yang harus dilakukan dalam penyuluhan, jadilah contoh panutan dalam masyarakat, selaraskan ucapan dan berbuatan kepada warga binaan,” lanjut Susana. 

 

 

Mengakhiri konsultasi yang rutin dilakukan setiap dua bulan, Susana meminta kepada para penyuluh Non PNS untuk tetap menjalin dan tingkatkan komunikasi melalui Whatsapp Group Penyuluh. Karena semua informasi perihal tugas pokok dan fungsi maupun informasi umum di lingkup Kemenag akan tertera didalamnya. (HS) 

 


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online