Bimas Islam Kemenag Kota Ambon Lakukan Pembinaan Bagi Penyuluh Fungsional dan Pegawai KUA



Ambon (Inmas). Dalam rangka meningkatkan mutu dan professionalitas dalam melaksanakan tugas serta dalam memberikan pelayanan yang terbaik di masyarakat, Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kota Ambon mengadakan kegiatan Pembinaan Pegawai Kantor Urusan Agama (KUA) dan Penyuluh Fungsional Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Ambon, Rabu (03/10).

Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Kota Ambon, H. Husen Sahari, S.Ag hadir mewakili Kakankemenag menyampaikan bahwa KUA dan Penyuluh merupakan garda terdepan yang merupakan ujung tombak dari Kementerian Agama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Begitu pula dengan keberadaan para penyuluh yang memiliki peran strategis dalam ikut mengatasi problem umat yang semakin kompleks, mulai dari radikalisme berbasis agama, aliran menyimpang, anarkhisme sosial, hingga narkoba dan pornografi Menurut H. Husen Sahiri menyatunya Penyuluh Agama Islam, baik PNS maupun honorer, akan memberi arah yang jelas karena dikoordinasi langsung oleh Kepala KUA. tugas pembimbingan, pelayanan, pemberdayaan, dan pengembangan masyarakat Islam mememiliki arah yang lebih kuat karena menjadi satu kesatuan tugas di tingkat KUA kecamatan. Untuk itu seiring bertambahnya tugas kepala KUA, dibutuhkan SDM yang mumpuni, yang mampu menjadi eksekutor, mediator, dan koordinator tugas lintas instansi, serta memiliki sinergitas dalam membangun relasi dengan para tokoh agama-agama di tingkat kecamatan.

Situasi tersebut, secara otomatis akan mengangkat daya tawar KUA di hadapan para tokoh lokal, khususnya di tingkat pimpinan daerah pada level kecamatan. Oleh karena itu, H. Husen Sahiri berharap dengan bersatunya Penyuluh Agama di KUA akan menjadi spirit yang menguatkan pelaksanaan tugas publik. Tugas kepenyuluhan yang langsung dikoordinasi Kepala KUA diharapkan akan menambah energi dalam pelaksanaan tugas keummatan secara umum. Sehingga, tidak ada lagi salah kaprah anggapan bahwa KUA hanya menjadi tempat orang menikah saja. Diakhir kegiatan H. Husen Sahiri mengingatkan selaku pelayan masyarakat dalam melaksanakan tugas selalu bertindak sesuai dengan regulasi yang berlaku dengan selalu berpedoman pada 5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama dalam membangun kinerja untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, tuturnya. Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Ambon ini dihadiri sekitar 80 orang yakni para Kepala KUA beserta staf dan para Penyuluh Agama Islam Fungsional dan Non PNS se-Kota Ambon. (Hm.W)


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online