Bidang PHU Kemenag Maluku Gelar Jamarah di Kabupaten SBB



Piru (Inmas) Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah  Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku menggelar Jagong Masalah Haji dan Umrah (Jamarah) Sosialisasi dan Penyuluhan kepada Jamaah Haji di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Jumat, (10/9).

Bertempat di Indago Resort Dusun Pulau Osi sejumlah  Jamaah Haji asal Kab.SBB dihadirkan untuk bercerita dan curhat guna mendapatkan pemahaman seputar permasalahan Haji dan Umrah di Indonesia.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Jamaludin Bugis, S.Ag dalam sambutan mengatakan penyelenggaraan haji merupakan salah satu tanggungjawab pemerintah sebagaimana ditetapkan dalam UU Nomor 08 tahun 2019 Tentang Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah.

Dalam UU tersebut terdapat tiga tujuan penting dari penyelenggara haji dan umrah yakni memberikan pembinaan kepada Calon Jamaah Haji (CJH), melakukan pelayanan dan memberikan perlindungan kepada CJH.

"Sebagai wujud pelaksanaan UU, pemerintah telah menunda keberangkatan CJH selama dua tahun terakhir ini dikarenakan wabah Covid 19 yang masih melanda Indonesia," Jelas Kakanwil

Menurutnya, ada tiga hal yang menjadi tolak ukur keberhasilan penyelenggara ibadah haji yakni, jamaah yang terdaftar dan telah memenuhi persyaratan, kedua jamaah yang telah berada di Arab Saudi dan mendapat pelayanan yang baik dan melaksanakan wukuf dan ketiga semua jamaah haji melaksanakan ibadah haji dan di pulangkan dengan keadaan baik.

Taslim Tuasikal, S.Ag selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.SBB, Taslim Tuasikal, S.Ag dalam laporan mengatakan, daftar Calon Jamaah haji mengalami penurunan baik karena meninggal dunia maupun karena pendemi covid 19. 

"Masyarakat masih ragu untuk melakukan pendaftaran haji karena belum ada titik terang kapan selesai wabah covid 19 di Indonesia," terang Taslim.

Selanjutnya ia juga menyampaikan proses pelayanan pedaftaran haji di Kab.SBB sudah semakin baik, selain telah dibuka loket Pembayaran setoran awal haji dari salah satu bank Peneriman Setoran juga para penyuluh dan penghulu telah dikerahkan untuk memberi manasik haji bagi CJH yang tersebar di sejumlah kecamatan. 

Turut hadir mendampingi Kakanwil, Kepala Bidang Haji dan Umrah, H. Yamin, sejumlah pejabat eselon IV lingkup Kanwil Kemenag Maluku dan eselon IV Kantor Kemenag Kab.SBB. (HS)


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online