Berbagi Kasih, DWP Kemenag Maluku Bantu Korban Gempa Maluku



Malteng, Inmas - Keluarga besar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku menunjukkan kepedulian sosialnya dengan memberikan bantuan logistik guna memenuhi kebutuhan korban terdampak gempa Maluku selama berada di tenda pengungsian.

Penyaluran bantuan sebagai tanda berbagi kasih ini diserahkan langsung oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil Kemenag Maluku, Djenabun Musaad kepada sejumlah korban terdampak gempa di Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Minggu (6/10).

Tampak hadir mendampingi rombongan ibu-ibu DWP, Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh (Kanwil) Kemenag Maluku, H. Yamin.

"Ini partisipasi kita DWP Kanwil Kemenag Maluku untuk membantu korban bencana alam di Maluku khususnya negeri Tulehu." ujar Djenabun di sela-sela penyaluran bantuan.

Djenabun mengungkapkan, bantuan berisi beras, sarimi, air mineral aqua, telur ayam,  minyak kelapa dan sejumlah uang tunai tidak hanya diserahkan di tenda pengungsian, melainkan pihaknya juga menemui korban dengan menyalurkan bantuan di rumahnya masing-masing.

Usai menyerahkan bantuan secara langsung, Djenabun turut menyampaikan ucapan duka cita dari keluarga besar Kanwil Kemenag Maluku kepada warga yang anggota keluarganya menjadi korban meninggal dalam peristiwa gempa bumi ini.

Kepada warga terdampak gempa bumi, Djenabun meyakinkan bahwa mereka tidak sendiri dalam menghadapi musibah ini. Pemerintah pusat dan pemerintah daerah akan bersinergi membantu warga. Setelah menyerahkan bantuan, Djenabun juga memastikan warga terdampak gempa dalam kondisi selamat dan aman.

Diharapkan, semoga gempa bumi ini cepat berlalu, sehingga tidak lagi memakan korban lebih serius.

"Kita berdoa semoga gempa ini cepat berlalu, sayang banyak warga harus meninggalkan rumah, tidur di tenda pengungsian dengan penuh kekhawatiran," harapnya.

Sebelumnya, Kementerian Agama RI lewat tim tanggap darurat bencana menyumbangkan bantuan sebesar 3,1 M. Masing-masing dana tersebut disalurkan melalui dana DIPA Ditjen Bimas Kristen Kemenag RI dengan jumlah 2 M dan ditambah 1,1 M yang diambil dari dana tali asih.

Bantuan sebesar 1,1 M itu diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kemenag RI, Nur Kholis Setiawan kepada sejumlah rumah ibadah, pondok pesantren dan sekolah madrasah yang terdampak gempa. Sementara bantuan 2 M ini diberikan Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI, Thomas Penthury kepada Kanwil Kemenag Maluku sebagai pihak pengelola dana bantuan tersebut.

Seperti diketahui gempa bermagnitudo 6,5 mengguncang Maluku pada Kamis (26/9) pukul 06.46 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat parameternya terjadi pada 40 kilometer arah timur laut Kota Ambon dengan kedalaman 10 km. Gempa tersebut dinilai tidak berpotensi tsunami.

BMKG menyebutkan, gempa bumi dirasakan di wilayah Ambon dan Kairatu pada skala intensitas V MMI, di Paso II-III MMI dan Banda II MMI. Selanjutnya BMKG juga merilis terjadinya gempa susulan dengan parameter M 5.6. Gempa susulan tersebut terjadi pada pukul 07.39 WIB dengan parameter 18 Km timur laut Ambon-Maluku dengan kedalaman 10 Km.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat hingga Senin (30/9) pukul 12.00 WIB lalu, jumlah korban jiwa sebanyak 34 orang. Terdata 6 jiwa mengalami luka berat, 150 jiwa mengalami luka ringan, dan 136.780 jiwa mengungsi. Gempa juga menyebabkan 698 rumah rusak, 2 jembatan rusak, 16 rumah ibadah dan satu ruas jalan mengalami kerusakan. (ZAM) 


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online