Ahmad Raharusun : Nabi Muhammad SAW sebagai Teladan dan Motivator Moderasi Beragama


Plt. Kankemenag Kota Tual Ahmad Raharusun, Pd. M.Pd Saat Memberikan Sambutan pada Pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad SAW

Tual, Inmas - Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tual Ahmad Raharusun, S.Pd.M.Pd menghadri sekaligus memberikan sambutan pada acara Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan oleh Pimpinan Daerah Wanita Islam Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara (14/1/2021).

Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang bertempat di Masjid Baiturrahman Mangon dihadiri oleh seluruh Pengurus dan Anggota Pimpinan Daerah Wanita Islam Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara.

Dalam sambutannya Plt. Kakankemenag Kota Tual Ahmad Raharusun, S.Pd.M.Pd menyampaikan tentang Nabi Muhammad SAW sebagai Teladan dan Motivator Moderasi Beragama.

Dalam konteks ajaran dan nilai Islam, wacana Moderasi Beragama pada dasarnya bukan berupa spirit yang tumbuh dan hadir belakangan. Nalar dan wacana ini bukan pula karena berupa solusi baru atas persoalan toleransi dan heteregonitas, misalnya.

Patut disadari, nilai dan perspektif Moderasi Beragama telah inheren pada diri Rasulullah Muhammad SAW, pada ajaran-ajarannya, terukur dalam sikapnya, dan terpancar pada tindakannya.

Selain itu Rasulullah Muhammad SAW dgn sebuah karya besar yang sangat terpopuler terhadap toleransi/ Moderasi beragama yakni terbentuknya Piagam Madinah yang tujuannya untuk melindungi sekaligus mengakomidir semua kepentingan dari berbagai suku bangsa dan agama di kota Madina ketika itu. Berbagai praktik baik tersebut mencerminkan upayanya untuk mewujudkan kedamaian dan ketenteraman masyarakat dengan segala perbedaannya.

"Sikap toleran mendorong sikap kasih sayang terhadap sesama umat manusia, pun sesama agama, juga mereka yang berbeda agama,” tutup Raharusun.

Turut hadir pada acara tersebut Walikota Tual yang diwakili oleh Asisten I Setda Kota Tual, Bupati Maluku Tenggara yang diwakili oleh Kepala BPBD Kab. Malra, Ketua Pengadilan Agama Kota Tual, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan hadir pula Mantan Kepala Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tual, serta seluruh Ibu-Ibu Majelis Taklim se-Kota Tual - Maluku Tenggara dan Darma Wanita Persatuan Kemenag. Kota Tual. (MBR)


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online