135 Jamaah Calon Haji Maluku Tengah Diberangkatkan Ke Tanah Suci


135 JAMAAH CALON HAJI MALUKU TENGAH DIBERANGKATKAN KE TANAH SUCI

Masohi - (Inmas). Ibadah Haji sebagai ibadah tahunan yang besar, yang Allah SWT telah mensyariatkan kepada hamba-Nya. Ibadah Haji mempunyai manfaat besar dan tujuan besar pula, yang membawa kebaikan didunia dan akhirat kelak.

Pelepasan keberangkatan Jamaah Calon Haji tahun 2018 telah dilaksanakan di Halaman Masjid Agung Ibnu Abdullah, Masohi pada Sabtu,21/7. Dalam kesempatan itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Maluku Tengah, Drs. H. Japri Kabalmai melaporkan persiapan dan kondisi Jamaah.

“Dengan melalui rangkaian persiapan ibadah haji bagi para Jamaah Calon Haji  telah dilakukan oleh Kantor Kementerian Agama Kab. Maluku Tengah, yakni Manasik Haji Tingkat Kecamatan sebanyak 8 kali pertemuan, ditingkat Kabupaten sebanyak 4 kali pertemuan sehingga berjumlah 12 kali pertemuan bahkan lebih”, ujar Kabalmai.

“Semua ini bertujuan agar Jamaah Calon Haji lebih siap dalam melaksanakan ibadah haji ditanah suci Makkatul Mukarromah dan Madinatul Munawarrah, termasuk didalamnya pengurusan paspor bagi jamaah yang terlaksana atas koordinasi dan kerjasama Pemerintah Daerah dan Kementerian Agama Kab. Maluku Tengah dengan petugas Imigrasi Kelas I Ambon.”, lanjutnya.

“Sebanyak 135 orang jamaah telah siap diberangkatkan hari ini (21/7), yang merupakan duta masyarakat Kabupaten Maluku Tengah”, lanjut Kabalmai melaporkan.

“Jamaah regular sebanyak 125 orang, Jamaah penggabungan Mahram 3 orang, Jamaah lansia 6 orang, dan jamaah cadangan 1 orang. Terdiri dari 55 orang jamaah  pria dan 80 Jamaah Wanita. Berdasarkan data tersebut maka jumlah waiting list atau daftar tunggu berangkat pada Sistem Haji Siskohat pada Kementerian Agama Kab. Maluku Tengah saat ini adalah 1431 orang”, kata mantan Kakanmenag Buru Selatan ini melaporkan.

Kabalmai juga menginformasikan bahwa Jamaah Kabupaten Maluku Tengah termasuk dalam kelompok terbang (kloter) 11 (sebelas) Gelombang I yaitu Madinah Awal yang terdiri dari 4 rombongan, 12 Regu yang selanjutnya akan dilepaskan pada hari ini (21/7) menuju Ambon dan akan bergabung dengan Jamaah asal Kabupaten Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Maluku Tenggara Barat dan Kota Tual. Selanjutnya pada tanggal 22 Juli 2018 jamaah akan diberangkatkan dari Ambon menuju Makassar.

“Penerbangan dari Makassar menuju Jeddah pada tanggal 24 Juli 2018 pukul 18.00 WITA dan akan tiba di Madina pada tanggal 24 Juli 2018 pukul 23.45 waktu Madina. Insya Allah Jamaah akan kembali dan tiba di Indonesia/ Makassar pada tanggal 04 September 2018 pukul 15.45 WITA. Tanggal 04 September 2018 penerbangan kembali dari Makassar menuju Ambon jam 11.00 WIT, dan Insya Allah Jamaah Haji Kabupaten Maluku Tengah akan tiba di Kota Masohi pada tanggal 07 September 2018 pada hari Jumat nanti”, kata Kabalmai mengakhiri.

Jamaah Calon Haji dilepas oleh Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlatu Leleury, pelepasan ditandai dengan penyerahan bendera. Sebelum melepas jamaah, Leleury dalam sambutannya mengharapkan para Jamaah untuk saling menuntun dan mendoakan serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan diantara sesama jamaah. 

Selanjutnya Jamaah Calon Haji diantar dengan menggunakan Bus menuju Pelabuhan Ina Marina Masohi, dan tepat pukul 08.30 WIT, jamaah diberangkatkan dengan Kapal Cepat Express Priscilia 99 menuju Pelabuhan Tulehu.(Foto/Narasi:LH)


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
SIPATUH
Simpatika Kemenag