KHATAMAN QUR’AN MENGISI PENUTUPAN PESANTREN RAMADHAN DI MAN 1 MALUKU TENGAH

By Admin Kanwil Maluku 14 Jun 2017, 06:10:19 WIBMAN 1 Malteng

KHATAMAN QUR’AN MENGISI PENUTUPAN PESANTREN RAMADHAN DI MAN 1 MALUKU TENGAH

Keterangan Gambar : Tadarus Al-Qur’an Mengisi Pesantren Ramadhan di MAN 1 Maluku Tengah


Tulehu (Inmas). Khataman Qur’an mengisi penutupan pesantren Ramadhan di MAN 1 Maluku Tengah kemarin (14/6). Peserta pesantren Ramadhan yang  merupakan siswa  kelas X dan XI nampak  lancar dan bersemangat saat membacakan surat surat dari juz ketiga puluh dari al-Qur’an. Mereka menutupinya dengan membacakan doa khatam Qur’an yang dipimpin oleh seorang guru agama di madrasah tersebut.

Kepala MAN 1 Maluku Tengah, Nurdin Nur Marasabessy, S. Pd. saat menutup kegiatan pesantren Ramadhan  mengajak seluruh komponen madrasah agar lebih memperhatikan al-Qur’an bukan hanya pada bulan Ramadhan saja  tetapi juga pada bulan bulan lainnya. Sehingga  bisa lebih memahami dan melaksanakan ajaran al-Qur’an secara benar dalam kehidupan sehari hari.

“Al-Qur’an  merupakan pedoman serta petunjuk bagi Umat Islam yang harus dipahami dan diamalkan bagi kita untuk keselamatan hidup di dunia dan akhirat.” Tegas Marasabessy.

 

Saat menutup kegiatan pesantren Ramadhan ini, Marasabessy juga menjelaskan bahwa program pesantren Ramadhan dilaksanakan ini sesuai petunjuk dari Surat Edaran Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Maluku Tahun 2017. Di mana bertujuan antara lain untuk mengisi dan menyemarakan bulan  Ramadhan di madrasah dengan kegiatan yang bernuansa keislaman. MAN 1 Maluku Tengah  melaksanakan kegiatan Pesantren Ramadhan selama 7 hari yakni sejak tanggal 6-14 Juni 2017 dengan tema Membentuk Insan beriman, cerdas dan berkarakter.

Para siswa diajarkan berbagai materi praktis dan aplikatif mengenai keislaman dan permasalahan seputar remaja. Beberapa materi yang diajarkan antara lain mengenai thaharah, shalat, puasa, penyelenggaraan jenazah, kenakalan remaja dan dakwah. Selama mengikuti kegiatan mereka juga diajak untuk melakukan  praktek mengenai materi yang diberikan.. Diharapkan usai mengikuti pesantren Ramadhan ini mereka sudah memiliki pengalaman untuk bisa langsung mengamalkan ilmu dan ketrampilan yang diperolehnya dalam kehidupan sehari hari.

Dalam kesempatan tersebut pihak MAN 1 Maluku Tengah juga mengadakan kampanye pengumpulan koin sedekah untuk mendukung  program-program keagamaan di madrasah cerdas berakhlak ini. Acara ini kemudian diakhiri dengan  buka puasa bersama dan shalat magrib berjamaah di lembaga yang baru saja berubah nama dari MAN 2 Ambon tersebut.

“Koin Sedekah ini memberikan pembelajaran bagi kita bahwa melalui upaya kita  yang baik walaupun dipandangan manusia memiliki nilai yang kecil, namun  bila dikerjakan  secara bersama sama,  ikhlas dan sabar insya Allah akan memberikan hasil yang lebih bermanfaat.” Pungkas Marasabessy. (JSE)