DARI SAFARI RAMADHAN DAN BUKA PUASA BERSAMA DI POLDA MALUKU
KAKANWIL :  URGENSI SPRITUALITAS DAN AMALIAH SOSIAL RAMDA

By ASA 07 Jun 2017, 07:48:19 WIBBimas Islam

DARI SAFARI RAMADHAN DAN BUKA PUASA BERSAMA DI POLDA MALUKU

Keterangan Gambar :


AMBON,INMAS – Dalam meningkatkan tali silaturrahmi selama bulan suci Ramdhan 1438 H/2017. Maka Kepolisan Daerah Maluku,  melakukan safari ramadhan bersama seluruh elemen umat beragama di Provinsi Maluku . Safari ramdahan yang berlangsung di kediaman Kapolda Maluku, Irjen. Polisi Deden Juhara, ini dihadiri Gubernur Maluku, Ir. Said Assagaf, Wakil Gubernur Maluku,  Zeth Sahuburua, Kakanwil Kemenag Maluku, Fesal Musaad S.Pd, M.Pd, bersama  unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, para tokoh agama dan seluruh elemen masyarakat di Provinsi Maluku.  Kegiatan yang bernuansa ibadah ini berlangsung dibawah sorotan tema Memahami puasa sebagai bagian dari kelesang diri untuk membangun Maluku, yang dami sejatrea dan berkeberadaban.

Kapolda Maluku Irjen. Polisi. Deden Juhara dalam sambutannya mengatakan, safari ramadhan yang dirangkaian dengan buka puasa bersama ini, dijadikan sebagai wahana untuk mempererat tali silaturrahmi dan ukhua islamiah terjalin melalui rasa saling memiliki, dalam mempertahakan  harmonisasi kerukunan umat beragama di wilayah ini. 

Pihaknya menyampaikan apresiasi kepada Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Maluku, TNI, dan seluruh tokoh agama, serta masyarakat yang  mendukung tugas  kepolisian sebagai mitra masyarakat Maluku. Dukungan diperlukan  untuk menjamin terpeliharanya situasi kamtibmas di provinsi Maluku. “ Kami berharap seluruh komponen masyarakat dapat mendukung upaya memelihara wilayah ini dari isu-isu negatif menjurus pada perpecahan bangsa  yang akhir-akhir ini santer beredar ditengah mesyarakat,”  kata jendral berbintang dua ini.

Kapolda berharap safari ramadhan ini, semakin menambah rasa silaurrahmi yang akan memberikan dampak positif bagi seluruh anggota polri agar tetap melaksanakan tugas dengan hati yang lapang. Dirinya juga mengajak seluruh masyarakat maluku untuk sama sama bahu membahu mendukung maluku yang aman damai, religius sejatera lahir dan bantin.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku, Fesal Musaad, S.Pd, M.Pd  dalam tusiyahnya mengatakan umat Islam di Maluku perlu menghayati dan memahami keutamaan  bulan suci ramdahan yang  mengandung esensi ritual dan esensi amalia sosial. Pemaknaan esensi ritual mengedepankan kedekatan manusia dengan Allah SWT atau Habuminallah, yang diimplementasikan  melalui rangkaian ibadah shalat, witir, iftikaf, tadarus Al Qur’an. semua kegiatan ini dilankasana dalam rangka pemenuhan dimensi ritual, Sebagaimana diperintahkan oleh Allah SWT, dalam Al Qur,an surat Al-Baqarah ayat 183 yang mewajibkan seluruh umat islam yang bermian untuk mecapai derajat takwa.
Takwa dalam pandangan islam meliputi,  iman kepada Allah, melaksnakan salat, beriman kepada kitab-kitaba Allah, dan beriman kepada hari kiamat. Aspek ritual ini, akan terasa semakain paripurna bila puasa  dilaksanakan selama bulan penuh berkah ini diimbangi dengan aspek amalia sosial.
 
Kegiatan Amaliah sosial perlu diperbanyak selama bulan ini, sebab puasa mengandung makna kesamaan dimana manusia akan merasakan penderitaan yang dialami orang-orang miskin dan kaum duafa yang menahan haus dan lapar dan mengajak umat agar peka dengan memperbanyak infak dan sedekah melalui jakat. “ Puasa tentu mempertajam rasa, mendidik rasa empati, nenanamkan rasa budi perekti, agar kita memiliki kasih sayang terhadap sesama umat,” kata Kakanwil.

Ramadhan lanjut alumni Universitas Pattimura Ambon ini, juga disebut sebagai bulan persaudaraan mempertegas rasa ukhua islmiah yang meliputi tiga aspek masing-masing ukhua islamia atau sesama muslim, kemudian ukhua watoniah, saudara sebangsa dan ukhua insaniah yang bermakna rasa sudara sesama manusia.

Kakanwil berharap, mometum safari ramadhan ini, akan mempertegas komitmen seluruh elemen umat beragama di Maluku, agar tetap menjaga hubungan persaduran ditengah-tengah perbedaan yang diciptakan oleh Allah  untuk disyukuri sebagai nikmat,  demi meneguhkan visi pemerintah Provinsi Maluku yaitu terwujudkan masyarakat Maluku yang aman, rukun damai, religius dan berkualitas.

Turut bersama dalam kegiatan safarih ramadhan Kepolisian Daerah Maluku itu, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, H. Jamaludin Bugis, S.Ag yang menutup rangkaian kegiatan dengan melalui doa bersama didampingi, Kasubbag Informasi Komunikasi dan Hubungan Masyarakat, Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, H.M. Jen Tepinalan, S.Ag.  (ASA)