Berita Duka, Abu Bakar Rumalas S.HI ASN Kemenag SBT Berpulang Setelah Menjadi Imam Tarawih

By Kemenag Kab. SBT 01 Jun 2017, 04:19:01 WIBBerita

Berita Duka, Abu Bakar Rumalas S.HI ASN Kemenag SBT Berpulang Setelah Menjadi Imam Tarawih

Keterangan Gambar : Alm. Abu Bakar Rumalas S.HI


Bula, Innalillahi Wa Innaa Ilaihi Raji'un, telah berpulang ke rahmatullah saudara Abu Bakar Rumalas S.HI salah seorang ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Seram Bagian Timur  pada Selasa malam jam 23.15 WIT (30/5/2017) sesaat setelah menjadi imam sholat Tarawih malam ke-5 bulan Ramadhan di salah satu masjid sekitar Pelabuhan Tulehu . Dalam waktu singkat berita duka ini tersebar kepada seluruh ASN Kemenag SBT melalui media sosial.
Sosok Pak Abu (panggilan akrab almarhum Abu Bakar Rumalas S.HI) sangat familiar di tengah-tengah masyarakat Tulehu khususnya diantara para pekerja/buruh di Pelabuhan Tulehu karena kesahajaannya serta keaktifannya dalam kegiatan keagamaan di masyarakat. Tak heran jika meninggalnya pak Abu mengagetkan mereka.
Menurut Ibu Rumasukun, isteri almarhum yang dihubungi via telpon menuturkan, sesaat setelah bertugas menjadi imam sholat Tarawih di masjid yang dekat dengan kediamannya, suaminya mengeluhkan pusing dan ingin istirahat. Namun saat dibangunkan ternyata Pak Abu tidak merespon dan tidak bergerak. Setelah dicek oleh seorang petugas kesehatan, Pak Abu dinyatakan telah meninggal dunia.
Pak Abu telah mengabdikan dirinya di Kementerian Agama dengan masa kerja selama 12 tahun. Pria kelahiran Suru Seram Timur (sekarang menjadi Kecamatan Lian Vitu) ini mengawali pengabdiannya di Kementerian Agama sebagai tenaga honorer pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Bula sejak tahun 2004. Dan secara resmi diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2014 dimana namanya tercantum pada Kategori 2 (K2). Penempatan tugas almarhum sesuai SK CPNS yang diterimanya adalah tenaga administrasi KUA Kecamatan Werinama. Selanjutnya dipindahtugaskan dengan jabatan fungsional umum sebagai pembimbing masyarakat Islam di Seksi Bimas Islam Kantor Kemenag SBT.
Almarhum Abu Bakar Rumalas mengenyam pendidikan sekolah dasarnya di SD Kwamor Seram Timur kemudian MTs Negeri Geser pada tahun 1986 serta Madrasah Aliyah Ternate pada tahun 1988. Almarhum juga menyelesaikan program sarjananya  di STAIN (sekarang IAIN) Ambon Fakultas Syariah pada 2002. 
"Kami seluruh keluarga besar Kantor Kemenag SBT menyampaikan rasa duka kami untuk keluarga almarhum dengan mengutus Kepala Seksi Bimas Islam Saudara Muran Sukunwatan S.HI untuk bisa hadir di acara pemakaman nanti. Semoga segala kebaikan dari almarhum di terima oleh Allah Ta'ala apalagi saat ini kita berada di Bulan Suci Ramadhan dan almarhum meninggal dunia setelah menjadi imam sholat tarawih. Insya Allah husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi keikhlasan dan ketabahan" ujar Kepala Kemenag SBT Drs. H. Umar Rengifuryaan sesaat setelah mendapat berita duka tersebut. 
Almarhum meninggalkan seorang istri dan 8 orang anak serta 3 cucu yang semuanya berdomisili di Tulehu Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. (mukmin)